DEPASITO

Ngga, bukan depasito, itu cuma khayalan gabut gua yang gajelas aja hehe

SO CHECK THIS BRADER! DEPOSITO!

Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat
Jadi, menurut artikel yang udah gua baca, deposito itu ada 3 jenis, yaitu:
1. Deposito berjangka
2. Sertifikat deposito
3. Deposito on call

TAPI BRADS, KALI INI GUA CUMAN MAU NGEBAHAS DEPOSITO BERJANGKA MATA UANG RUPIAH
WHYY? Karena gua pengen meningkatkan minat brader gua dalam menabung hehe......

Deposito berjangka itu maksudnya deposito yang memiliki batas waktu.
Deposito itu jadi kita nabung sekian juta sesuai dengan syarat tiap bank dalam waktu yang sudah kita tentukan.

Umumnya bank membuka jangka waktu 1,3,6, dan 12 bulan, namun ada beberapa bank yang memberi jangka waktu selain dari itu brader.
Nilai plusnya, bunga yang kita peroleh lebih banyak, jauh lebih banyak dibanding dengan nabung biasa, kenapa begitu?
Karena uang yang udah brader masukkin di deposito gaboleh diambil, kudu dipendem selama jangka waktu yang ditentukan, karena emang intinya nabung brader.
Gua bakal ngebahas dari bank yang gua tau aja ya brader, oke, kita mulai.

BANK BNI
Kenapa bank BNI pertama? Karena gua pengguna BNI dan keluarga gua nasabah setia BNI terutama nyokap gua, nasabah BNI Emerald hehehehe.... BUKAN PROMOSI tapi ini bentuk kepercayaan gua terhadap BNI.

BNI menyediakan deposito dalam jangka waktu 1,2,3,6,12 dan 24 bulan, lebih banyak daripada umumnya brader.
NIH YANG PALING ENAK, NGOMONGIN BUNGA

 

Syarat yang perlu dibawa buat buka rekening deposito ini itu ada 3, yaitu:
1. Isi formulir buka rekening
2. Tunjukkan identitas diri ASLI (KTP/SIM/Paspor) atau Badan Usaha/Hukum (bukti Legalitas) dan bawa fotokopiannya juga
3. Isi minimum setoran
Buat minimum setoran belum tau ya, karena BNI minimum setorannya bisa berubah-ubah.

BANK BCA
Oke, sekarang bahas BCA, BCA dikenal dengan kestabilan, gua juga ga ngerti banget stabil bagian mananya, tapi katanya uang yang ada di BCA itu stabil dan gua salah satu nasabah BCA, actually keluarga gua juga nasabahnya hehehe....

BCA menyediakan jangka waktu 1,3,6, dan 12 bulan, umum lah yaaa...
BUNGANYA NEEHHH


Lebih rendah dari BNI ya? Gua juga gatau kenapa dah wkwkwk tapi BCA itu sangat berguna, entah kenapa gua merasa sangat diuntungkan dengan berbagai fasilitasnya hehehe..
Syaratnya sama kaya BNI, itu sih common yaa, minimum setorannya 8jt brader, ga banyak-banyak banget lah yee...

BANK BTN
Now BTN, gua juga nasabah bank BTN tapi rekeningnya emang murni buat nabung ajaa hehehe...

BTN menyediakan jangka waktu 1, 2, 3, 6, 12, dan 24 bulan
BUNGA NII


GEDE BANGET KAN?! WKWKWKWKWK taulah kenapa gua nabung di BTN
Syaratnya samaaa, minimum setorannya rendahhh cuman 1jt WoW
Ini solusi buat brader yang bokek dan mau belajar nabung niiiii

BANK MANDIRI
Mandiri, salah satu bank favorit bokap gua wkwkwk, ini bagus, sans.

Mandri menyediakan jangka waktu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan
BUNGANYAAAA


Lumayan lah yaaa...
Syaratnya samaa, ini depositonya bisa dipegang dua orang.
Menurut informasi yang gua dapatkan kalo buka via Mandiri cabang minimum setorannya 10jt.
Tapi kalo melalui e-banking minimumnya 1jt.

BANK BRI
BRI ini salah satu bank yang terkenal di Indonesia, udah, gua gatau lagi wkwkwkwk

BRI menyediakan jangka waktu 1, 3, 6, 12, 24, dan 36 bulan
BUNGANYA NEH, BIASA AJA


SYARATNYA SAMAA
Minimumnya 10jt aja wkwkwk

BANK CIMB NIAGA
CIMB Niaga ini pernah ada masalah ya, soal keuangan nasabah, jadi gua ga terlalu rekomen yaa

CIMB menyediakan jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan, umum banget yaa
BUNGANYAA


Menurut gua sih bunganya termasuk lumayan dalam jangka waktu pendek, ga beda jauh lah sama BTN, buat brader yang udah jadi nasabah CIMB boleh dicoba nih depositonya brader
Syaratnya samaa
Minimumnya 8jt ya brads

BANK PERMATA
Permata ini gua sering denger karena gampang buat ngurus beli rumah gitu, kenapa bisa tau? Karena keluarga gua salah satu nasabah dari Permata Bank dan udah ngerasain betapa mudahnya dalam proses beli rumah dan banyak hal yang ga dibikin ribet di Permata, berpihak ke nasabah gitu deh
Syaratnya sama ya brads, soal bunga dan minimum udah ada di tabel brads!



Bisa diliat kan brads, nilainya yang konstan juga memberi kesan mempermudah bagi nasabahnya.

BANK MEGA
Bank Mega ini sempat hype terkenal, tapi entah kenapa udah mulai turun pamornya, ini sih opini gua sendiri ya brads

Bank Mega ini menyediakan jangka waktu 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan
Syaratnya sama brads cuman ditambah NPWP ajaa, kalo gapunya ya gapapa brads
NIH LIST BUNGANYAA


Minimum saldonya 8jt ya bradsss!!

OKE, UDAH BAHAS BANKNYA! SEKARANG BAHAS CARA HITUNG BUNGANYAA!!!






BERIKUT RUMUSNYAA!
Pertama buat yang deposito harian ya brads!
Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x jumlah hari : 365

Kedua buat yang deposito bulanan, tenor yang dimaksud itu jumlah bulannya yaa
Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x Tenor : 12

Setelah itu, bunga kena potongan 20% , jujur gua gatau undang-undang yang mengatur, tapi emang begitu brads
Cara ngitungnya bunga bersihnya
Bunga deposito x 0,8 = bunga bersih

NIH CONTOHNYA
Gua misalnya nabung 10jt selama setahun dengan bunga 5.5%
10.000.000 x  5.5% x 12:12 = 550.000 = bunga deposito
550.000 x 0.8 = 440.000 = bunga bersih

Gua menyarankan deposito ini BUKAN UNTUK MEMUTAR UANG BRADER!
Deposito lebih ditekankan ke dalam menabung brads, namun dengan bunga yang lebih tinggi yang lebih menguntungkan brader sekalian!

Gimana brads? Tertarik?

Sekian dari gua! SELAMAT MENABUNG BRADER!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Ban Michelin Pilot Street

BITCOIN!!! (2)