COMPARE Xabre 150 vs All New Honda CB150R Facelift

Halo brads!
Gua kali ini gua mau compare 2 motor naked 150cc yang lagi eksis di kalangan anak muda sekarang nih!
TEBAK GAIZ!

Ga seru dah, ketauan dari judulnya-_-
Yaps, mereka adalah Yamaha Xabre 150 dan All New Honda CB150R Facelift!


Kenapa sih lu compare Xabre sama CB150R? Kenapa ngga CBR150 yang kece banget itu?
Jadi bro, CBR150 itu belum ada lawannya yang sesuai saat ini, karena bila kita bandingkan dengan R15 jelas sudah ketinggalan jaman, dari segi desain saja sudah kalah jauh R15. Kita ga ngomongin mesin dulu, karena selalu kalo beli apa-apa dilihat dari desain dulu. GITCHU!

Jadi bro, gua juga punya alasan lain kenapa gua compare 2 motor ini. Semua ini disebabkan oleh banyaknya pertanyaan yang masuk dari teman-teman secara langsung ataupun via chat. Mereka rata-rata masih bingung dalam hal memilih di antara 2 motor itu, karena saya tadinya kurang paham, gua ga mau asal nyeplos gajelas. Namun, sekarang gua sudah browse dan nanya-nanya tentang 2 motor ini, ya udah tau lah isi-isiannya.

Jujur brads gua belum pernah mengendarai Xabre, kalo asal adu di jalan sih beberapa kali pernah hehehehe. Kalo CB150R gua udah lumayan sering ngendarain, maklum punya temen gua dengan inisial FAB.
Meskipun gua ga pernah naik Xabre bukan berarti hasil komparasi ini tidak bisa dijadikan acuan, data-data disini adalah real dan ga asal-asalan hehehe, 2 jam gua nyari-nyari informasinya belum milah-milah hehehe.

Xabre merupakan motor baru Yamaha dengan konsep shock USD yang baru disematkan di motor cc150 pula. Modelnya katanya mirip MT-09, iya sih emang, tapi ga mirip amat.
CB150R merupakan motor Honda kelas CB. Sudah dikenal sejak lama, bahwa motor Honda yang disematkan nama CB merupakan motor high end di kelasnya, kemampuan dan ketangkasannya tidak diragukan lagi. Masih satu family sama CB1000R, CBR juga cuman kalo CBR itu pake fairing hehe.

OKE! CUKUP BASA-BASINYA! LANGSUNG MULAI!


DESAIN

Dari segi desain dua motor ini mengambil model dari moge-moge bro, hal yang paling khas itu lekukan-lekukan tajam yang memberi kesan motor ini berotot dan sungguh bertenaga, ga pake obat kuat padahal.


Yuk kita mulai dari depan!
Headlamp Xabre yang menurut gua kaya Alien terlihat sangat garang di padukan dengan shock upside down yang menjadi andalannya.
Headlamp All New CB150R Facelift juga terlihat sangat maskulin namun dengan model yang tajam-tajam tidak seperti Xabre.



Bagian tangki dan fairing Xabre juga menunjukkan otot-otot hercules, gimana ngga bro? Itu tangki dikasih kondom yang naik dan gahar abis, dah gitu fairingnya ke bawah dan melebar, beuh kalo di jalan emang keren bener bro!
Bagian tangki dan fairing All New CB150R Facelift memang terlihat berotot, lebih berotot dibanding CB150R Facelift yang lama. Namun, tetap saja masih kalah dengan desain Xabre!



Bagian tail dan stoplamp Xabre terlihat lancip namun tumpul, NAH LHO! Maksudnya gimana? Coba di perhatikan ya, di bagian tailnya itu terlihat sangat naik, namun stoplampnya terlihat tumpul gitu bro.
Sedangkan tail dan stoplamp All New CB150R Facelift benar-benar lancip! Bawah lancip, stoplamp juga lancip! Tapi, All New CB150R Facelift tidak senaik Xabre, ini sih soal selera ya, ada yang seneng terlihat tinggi, ada juga yang penting enak.
Stoplampnya udah sama-sama keren, tapi kerenan All New CB150R Facelift menurut gue hehehe.

Dilihat dari ban juga lebih bagus Xabre karena ukuran depan 110/70-17 dan belakang 130/70-17 sedangkan All New CB150R Facelift bagian depannya 100/80-17 dan belakang yang sama dengan Xabre.

JADI DARI SEGI DESAIN XABRE YANG MENANG! SKOR 1-0!


FITUR & DETAILING

Sekarang kita masuk ke fitur dan detailing ya. Meskipun gua ga pernah naikin Xabre, tapi gua mampu mengcomparenya hehehe, gue gitu loch!



Dari headlamp depan Xabre sudah mengusung lampu LED yang keren abis! Sein sudah LED!
All New CB150R Facelift juga sudah mengusung lampu LED yang ga kalah keren abis! Yang ini sein juga udah LED!



Speedometer Xabre sudah pake LED loh!
All New CB150R Facelift juga :p wkwkwk.
Tapi kalo lu perhatiin lebih seksama ya, tambahan-tambahan frame silver di speedometer All New CB150R Facelift membuat terlihat lebih mewah, modelnya juga ke depan, terlihat seperti crown saat kita riding.
Kalo Xabre emang keren, cuman kurang keren di speedometernya.


Bagian bawah depan Xabre sudah dilengkapi cover engine dari sananya.
All New CB150R Facelift tidak di lengkapi cover engine, sebenarnya ga terlalu berefek cuman kurang keren dan nanggung aja sih hehehe, banyak yang jual aftermarket.

Di bagian belakang, stoplamp Xabre sudah LED dengan sein LED juga.
All New CB150R Facelift? sama bro.
Tapi kalo lu perhatiin lagi lebih seksama ya bro, di bagian belakang All New CB150R Facelift itu ada tanduk banteng wkwkwk. Iya, All New CB150R Facelift masih memakai handle, ya pokoknya pegangan tangan lah ya. Modelnya kaya punya tiger, cuman lebih ramping dan lebih keren menurut gue. Terus kalo ada pegangan ini akan terasa lebih nyaman untuk mengangkat atau menggeser motor bagian belakang, lebih enak aja gitu. Selain lebih keren juga lebih fungsional.
Xabre, gaada.

Jok Xabre itu menggunakan split atau pisah. Sedangkan All New CB150R Facelift masih jok nyatu. Ini sih gabisa di perdebatkan, sesuai selera aja.

Bagian belakang bawah Xabre terdapat spakbor kolong, ya buat menangkis lumpur-lumpur biar ga masuk ke bagian bawah belakang motor.
All New CB150R Facelift, ngga ada.

JADI DARI SEGI FITUR DAN DETAILING KEDUANYA SERI! SKOR 2-1! XABRE UNGGUL!



KAKI-KAKI



Kaki-kaki Xabre jelas lebih unggul karena menggunakan shock USD, cakram belakangnya pun lebih kecil dibanding All New CB150R Facelift.

Sudah jelas lah All New CB150R Facelift kalah telak karena masih menggunakan shock depan teleskopik. 
Soal shock belakang keduanya masih mengusung monoshock.

JADI DARI KAKI-KAKI XABRE MENANG! SKOR 3-1! 

MESIN


Mesin Xabre itu ternyata masih SOHC 4 klep brads! Sekaligus mengkonfirmasi rumor-rumor yang mengatakan kalo Xabre itu DOHC. Mesin Xabre juga sudah dilengkapi dengan liquid cooler. Xabre sudah 6-speed transmission, tampaknya mesinnya di ambil dari R15. Untuk urusan napas panjang Xabre bila di bandingkan dengan Vixion tampaknya kalah bila jalur pendek dan menang bila jalur panjang.
Xabre ternyata mampu mengeluarkan torsi cukup besar yaitu 15Nm pada 7500rpm. Tenaga yang di keluarkan juga sekitar 16.09 dk pada 8500rpm brader. Tampaknya Xabre tidak pantas buat kebut-kebutan tapi kalo nanjak-nanjakkan mungkin dia paling asik kali ye. Wet weight Xabre itu 135 kg brader, ga berat-berat amatlah. Sekaligus ini tangki Xabre ternyata cuman muat bensin 10L doang, tampaknya kondomnya boros ya.

Mesin All New CB150R Facelift sudah mengusung DOHC 4 klep brader! Udah dapat di percaya ini mah, karena di bentuk lebih baik dari versi CB150R sebelumnya. All New CB150R ini mampu melaju kencang saat jalur pencek maupun jauh. Pertama kali gua nyobain ini motor, gua juga kaget kok bisa enak banget ya tarikannya, mungkin berkat mesin DOHCnya yang sangat badaassss! Mesin All New CB150R Facelift juga sudah dilengkapi dengan liquid cooler. All New CB150R Facelift juga sudah 6-speed transmission, bila di compare dengan R15, yang notabene KATANYA mesinnya digunakan Xabre, jauh lebih enak All New CB150R Facelift, kita juga mudah melakukan quick shift. Untuk urusan torsi ternyata All New CB150R Facelift hanya mampu 13,8 Nm pada 7000rpm. Namun, tenaga yang di keluarkan ternyata mencapai 16.9 dk pada 9000rpm, ga beda jauh sih brads hehehe. Siapa sangka ternyata All New CB150R Facelift lebih berat dibanding Xabre, bahkan dry weightnya saja 136 kg, tapi memang mesinnya All New CB150R Facelift sangatlah badaaasss! Tangki All New CB150R Facelift mampu menampung hingga 12L, lebih banyak dibanding rivalnya yang pakai kondom biar keren hehehe.

JADI UNTUK URUSAN MESIN TERNYATA PEMENANGNYA ALL NEW CB150R Facelift!   SKOR 3-2!


HARGA

Xabre dijual dengan harga 29,8 juta.
All New CB150R Facelift dijual dengan harga 25,4 dan seri SEnya 26,4.

JADI DARI HARGA YANG MENANG ALL NEW CB150R Facelift BRADS! SKOR 3-3!!! SERI!!!!


KESIMPULAN
 
Kesimpulannya ternyata memang 2 motor ini memiliki keunggulannya masing-masing, bahkan setelah di komparasi masih menunjukkan hasil seri brader!
Ternyata ga salah kalo brader semua bingung milih antara 2 motor ini!
Persaingannya ketat wkwkwk.

TAPI BRO BIAR GA BINGUNG GUE BANTU YAAA!!

Kalo brader suka naik motor yang keren di jalan dengan gaya kekar, cowo abis dan suka nanjak-nanjak dan ga terlalu suka ngebut-ngebutan ane saranin beli Xabre. Itu juga bila budget brader semua mencukupi, maklum harganya beda ampe 5jt ama si All New CB150R Facelift. Sebenarnya beli Xabre juga bingung bro, kalo buat nanjak-nanjak oke karena torsi yang gede, ya cocoklah buat touring. Namun, dari segi tangki yang mengusung 10L tampak berbanding terbalik.

Kalo brader suka naik motor keren, siap semua medan dan suka ngebut mending beli All New CB150R Facelift. Bila budget brother juga pas-pasan mending beli All New CB150R Facelift aja dah, ntar ada rejeki oprek jadi USD wkwkwk. Kalo soal kenceng, Xabre kalah JAAAUUUUHHHHHHHHHHHHHHHHHH!!!!!!!!!! WKWKWKWKWK tapi kalo gaya ya Xabre yang menang wkwkwk.

OOH LU KEPO KALO GUA BAKAL MILIH APA?



Gua sih bakal milih All New CB150R Facelift, mesinnya lebih bagus, JAUH lebih bagus, harga lebih murah, JAUH lebih murah, dan berhubung gua suka modifikasi, ntar kalo udah beli USD juga ga kalah ganteng sama Xabre wkwkwk. Selama gua bawa All New CB150R Facelift emang enak banget sih, rasa-rasa bawa Ninja 250 wkwkwk. Kenceng enak, pelan ga masalah.

TAPI kalo brader gasuka modif, mending beli Xabre aja deh, standaran udah keren ga repot lagi. Btw Xabre katanya enak banget buat dipake cornering, belum pernah nyoba sih hehehe.

Segitu aja saran dari gua, dapat di terima atau ngganya itu terserah brader aja heheheehe.


OKE ITU DARI GUA, MOHON MAAF BILA ADA SALAH KATA YANG TAK BERKENAN DI HATI BRADER SEMUA! SEKIAN DAN TERIMAKASIH!


Kritik dan Saran: ajoshuav@gmail.com & LINE: AdrianJVSBSN


sumber:
INI 

Comments

Popular posts from this blog

Review Ban Michelin Pilot Street

BITCOIN!!! (2)

DEPASITO